BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSNASIONALPalu

Tinjau IB Sapi di Banggai,Gubernur Sulteng Komitmen Majukan Peternakan

Bidiksulteng.com,Palu – Inseminasi Buatan (IB) sapi lokal dan sapi limosin merupakan inovasi revolusioner guna meningkatkan kualitas dan kuantitas ternak sapi Sulteng.

Sekaitan dengan itu, Gubernur Rusdy Mastura meninjau penyuntikan IB ke 15 ekor sapi di Desa Sumber Agung, Kecamatan Nuhon pada Rabu (31/7).

Dengan ketersediaan stok 80 ribu straw yang berlimpah maka Dinas Peternakan dan Perkebunan diminta mengadakan petugas-petugas inseminator baru supaya target 1 desa 1 petugas dapat terealisasi.

Dengan demikian gubernur optimis dalam kurun 10 sampai 15 tahun ke depan, Sulteng akan dibanjiri dengan sapi-sapi pedaging berkualitas terbaik seperti Wagyu, Limusin, Angus dan Brahma.

“Sapi-sapi kita disuntik inseminasi buatan supaya sekian tahun ke depan kita punya sapi berkualitas yang dijual dengan keuntungan buat peternak,” ujarnya berharap sapi-sapi hasil IB laris diperdagangkan.

Begitu juga dengan upaya percepatan ekspor durian Sulteng ke Tiongkok melalui pelabuhan Pantoloan yang sudah mendapat lampu hijau dari Menko marves Luhut Binsar Panjaitan untuk dilaksanakan.

“Tiga ribu hektar ditargetkan (Menko marves) untuk diekspor ke Tiongkok karena mereka suka makan durian,” ucapnya mengenai target produksi durian yang tidak main-main.

Selain inovasi IB dan ekspor durian, gubernur juga menyebutkan bahwa telah dikembangkan varitas kelapa baru, hasil persilangan dari kelapa bangga, buol dan halmahera.

“Namanya kelapa renja yang pohonnya tidak terlalu tinggi tapi banyak buahnya,” terangnya tentang keunggulan kelapa hibrida yang dihasilkan.

Dengan potensi peternakan dan perkebunan yang besar maka gubernur mendorong minat berwirausaha di kalangan warga desa dengan memanfaatkan dana KUR yang tersedia di bank.

Dengan catatan pinjamannya harus benar-benar dipakai untuk tujuan produktif bukan konsumtif.

Terakhir gubernur menyampaikan dengan peningkatan PAD sampai 2,184 Triliun Rupiah (Juni 2024) dalam tempo tiga tahun kepemimpinan bersama Wagub Ma’mun Amir berimplikasi dengan terlaksananya program-program pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan di tiap kabupaten kota secara merata.

Termasuk di Banggai yang baru saja diresmikan sejumlah ruas jalan baru dengan skema pembangunan multiyears bernilai total lebih dari 100 Miliar Rupiah.

“Ini lah hal-hal yang sudah saya perbuat untuk Sulawesi Tengah,” pungkasnya dengan mantap, membuktikan Sulteng dinahkodai menuju kemajuan dan kesejahteraan.

Turut hadir mendampingi gubernur, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra merangkap Plt Kadis Peternakan dan Perkebunan Dr. Rohani Mastura, S.Sos, M.Si bersama jajaran kepala OPD teknis.(Ro Adpim Setdaprov Sulteng)(id)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close