BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSPolitikSigi

Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024, Polres Sigi Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pam VIP

Bidiksulteng.com,SIGI,- Kepolisian Resor Sigi menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pengamanan VIP atau Very Important Person, dalam Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Sigi, bertempat di Mapolres Sigi, Jum’at (9/8/2024).

Sasaran pelatihan diantaranya, pengamanan objek vital berupa Kantor KPU Kabupaten Sigi, Kantor Bawaslu Kabupaten Sigi, dan pengamanan VIP Penyelenggara Pilkada, serta para Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sigi dalam Pilkada Serentak Tahun 2024.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kapolres Sigi yang diwakili Wakapolres Sigi *Kompol Sulardi, S.H., M.H.,* dihadiri oleh Kasubdit VIP Dit Pam Obvit Polda Sulteng *AKBP Lexy Dj. Gagola,S.H.,M.H.* sebagai pemateri, dan didampingi Kabag Ops Polres Sigi *AKP Ahmad Bagus Harun, S.H.,* serta diikuti oleh personel Polres Sigi dan jajaran sebagai peserta pelatihan terutama yang akan dilibatkan dalam tugas pengamanan.

Dalam pelatihan ini, para peserta mendapat materi langsung dari Dit Pam Obvit Polda Sulteng yang dipimpin oleh AKBP Lexy Dj Gagola, S.H.,M.H. bersama tim, dengan pemberian materi dalam ruangan maupun praktek di lapangan.

Saat dikonfirmasi, Kabag Ops Polres Sigi AKP Ahmad Bagus Harun, S.H. selaku Koordinator Latihan mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel Polres Sigi dalam melakukan pengamanan VIP dalam Pilkada.

“Pelatihan tersebut untuk mengasah kembali teknis maupun taktis dalam pengamanan VIP, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), yang akan diaplikasikan dalam tugas pengamanan saat di lapangan nanti, yang mana pelatihan ini akan dilaksanakan selama dua hari dan dipermantap di praktek lapangannya,” ujar Kabagops,

“Di Kabupaten Sigi ini ada beberapa tempat yang rawan dalam berbagai tahapan dalam proses pemilihan suara, oleh karena itulah personel kita siapkan betul untuk menjamin keamanan dan keselamatan para penyelenggara Pilkada dan fasilitasnya, serta para Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sigi,” ucap Kabag Ops.

“Para peserta pelatihan merupakan personel yang sudah melalui tahapan seleksi yakni personel yang mendapatkan tugas sebagai Pengawal Pribadi atau Walpri, baik Walpri Cabup, Cawabup serta Walpri Komisioner Penyelenggara Pilkada”

“Peserta pelatihan juga melibatkan personel yang nantinya akan melaksanakan tugas Pam di obyek vital seperti Kantor KPU, Bawaslu serta Gudang Logistik Pemilu, sehingga ke depan diharapkan para personel yang terlibat dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” tambahnya.(HPS/ID)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close