BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSNASIONAL

Kepala BPSDM Kemendagri dan UI Bahas Kerja Sama Peningkatan Kapasitas ASN dan Anggota DPRD

Bidiksulteng.com,Jakarta – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Universitas Indonesia (UI) membahas kerja sama peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui progam kuliah. Kedua belah pihak juga membahas orientasi pendalaman tugas bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Pembahasan itu berlangsung saat Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono menerima audiensi sivitas akademika UI di Kantor BPSDM Kemendagri, Jakarta, Rabu (7/8/2024). “Kami sangat menyambut baik kunjungan dari UI. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” ujar Sugeng.

Dalam kesempatan itu, Sugeng juga menjelaskan mengenai tugas dan fungsi BPSDM Kemendagri, termasuk pelaksanaan orientasi dan pelatihan bagi kepala daerah. “BPSDM Kemendagri memiliki peran penting dalam memberikan orientasi dan pelatihan kepada kepala daerah serta aparatur pemerintah. Kolaborasi dengan UI merupakan langkah strategis untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kualitas program pengembangan kapasitas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sugeng menyatakan, kolaborasi antara BPSDM Kemendagri dengan UI juga dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ini seperti penyusunan perjanjian kerja sama dan pelaksanaan program-program inovatif, termasuk podcast bersama untuk menyampaikan program kerja sama kepada publik.

Dengan adanya kunjungan ini, Sugeng berharap, hubungan antara BPSDM Kemendagri dan UI dapat semakin erat dan berkontribusi nyata dalam peningkatan kapasitas aparatur pemerintah di Indonesia. “Kami berharap kerja sama ini tidak hanya berhenti pada pertemuan hari ini, tetapi dapat diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak,” tutup Sugeng.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh.) Direktur Kerja Sama UI Eko Sakapurnama yang juga Kasubdit Kerja Sama Akademik dan Pemerintah UI mengapresiasi sambutan dari BPSDM Kemendagri. Pihaknya siap berkolaborasi dalam berbagai program pengembangan kapasitas.

“Universitas Indonesia siap mendukung program pengembangan kapasitas ASN dan anggota DPRD melalui berbagai program akademik yang kami miliki. Kami berharap kerja sama ini dapat diwujudkan dalam bentuk perjanjian kerja sama yang konkret,” ujar Eko.

Turut hadir dalam pertemuan itu Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI Milla Sepliana Setyowati yang sekaligus Kepala Lembaga Pengkajian dan Penerapan Ilmu Administrasi (LPPIA), Kasie Kerja Sama Akademik dan Pemerintah UI Suprapti, serta Manajer Kerja Sama FIA UI M. Ramaditya.(*)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close