BERITA UTAMADonggalaLINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSMorowaliMorowali UtaraPaluPolitik

Anggota DPRD Terpilih Tiga Kabupaten,Ikut Orientasi

Bidiksulteng.com,Palu – Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura membuka kegiatan orientasi bagi 85 anggota DPRD terpilih hasil Pemilu 2024 dari Kabupaten Donggala, Morowali, dan Morowali Utara di Aula Sinergitas Kantor BPSDM Sulteng, Rabu (4/9).

Dalam sambutannya, Gubernur mengucapkan selamat dan apresiasi kepada seluruh anggota legislatif yang baru terpilih, sekaligus Ia memberikan arahan penting terkait tugas dan tanggung jawab sebagai wakil rakyat.

“Selamat adik-adik yang sudah terpilih, semoga bisa membawa Sulawesi Tengah lebih maju dan sejahtera,” ucap gubernur yang juga mantan anggota legislatif DPRD Kota Palu.

Gubernur berpesan supaya anggota legislatif membangun kerjasama yang baik dengan eksekutif dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di daerahnya masing-masing.

Komunikasi yang baik juga ditekankan gubernur supaya setiap aspirasi dari rakyat selalu didengar dan diperjuangkan.

Dirinya juga menambahkan pentingnya upaya bersama dalam meningkatkan pendapatan asli daerah guna mengurangi ketergantungan daerah terhadap dana transfer dari pusat.

Misalnya Ia telah mengoptimalkan sumber pendapatan provinsi dari pajak kendaraan dan air permukaan yang dalam jangka waktu 3 tahun terakhir, sukses mengatrol PAD Sulteng dari hanya 900 Miliar Rupiah (2021) kini mencapai 2,2 Triliun Rupiah (2024).

“Kita harus berpikir bagaimana meningkatkan PAD supaya jangan hanya mengandalkan dana transfer dari pusat,” tegasnya supaya ada kolaborasi dan inovasi dalam menggali potensi-potensi fiskal di kabupaten.

Olehnya lewat orientasi ini gubernur berharap menjadi momentum belajar bagi para anggota DPRD terpilih supaya mereka paham dengan tugasnya dan melaksanakannya dengan amanah.

Acara ini turut dihadiri Karo Hukum Adiman, S.H., M.Si, Plt Kepala Badan BPSDM Sulteng Dr. Moh. Yasin Baculu, S.Sos, M.T, para sekretaris DPRD kabupaten Donggala, Morowali dan Morowali Utara serta Widyaiswara.(Id)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close