BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSPalu

Pemprov Kampanyekan Sadar Tertib Arsip bagi Pengelola Arsip SMA/SMK/ dan Perangkat Daerah se-Sulteng

Bidiksulteng.com,Palu – Pjs Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dr.Rudi Dewanto,SE.MM, membuka secara resmi Kampanye Sadar Tertib Arsip dan Mengalih Media Arsip bagi Pengelola Arsip SMA/SMK/Perangkat Daerah lingkup Pemda Provinsi Sulawesi Tengah yang diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tengah di Citra Mulia Hotel, pada hari Selasa, (22/10/2024).

Dr.Rudi Dewanto,SE.MM, menyampaikan apresiasi kepada jajaran dinas perpustakaan dan kearsipan provinsi sulawesi tengah yang menginisiasi pelaksanaan kampanye sadar tertib arsip, sebagai upaya untuk membangun kesadaran semua elemen masyarakat terhadap pentingnya mengelola arsip.

Menurutnya, kearsipan merupakan salah satu pilar penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien, arsip tidak hanya sekadar tumpukan dokumen yang disimpan, melainkan sumber informasi yang harus dikelola dengan baik di tata rapi dan terdokumentasi dengan baik sebagai wujud dari pemerintahan yang akuntabel dan transparan.

Ia juga mengajak seluruh perangkat daerah dan lembaga pendidikan untuk menyadari pentingnya pengelolaan arsip secara tertib, sehingga melalui kegiatan ini harus menjadi momentum untuk memperkuat budaya tertib arsip di lingkungan kerja kita masing-masing, termasuk di sekolah-sekolah, sehingga pengelolaan arsip dapat lebih sistematis dan terstandar.

Sekarang ini adalah era transformasi digital, pengelolaan arsip tidak hanya terbatas pada bentuk fisik saja, pengalihan media arsip dari bentuk manual ke digital akan mempermudah akses dan penyimpanan data, tetapi juga akan menjaga kelangsungan arsip dari risiko kerusakan fisik.

Pentingnya penanaman kesadaran kearsipan sejak dini, terutama di lingkungan sekolah, arsip adalah bagian dari sejarah dan identitas, baik bagi sebuah institusi maupun bagi bangsa.

Ia berharap, kepada para guru dan siswa SMA dan SMK se-Sulawesi Tengah semakin memahami, menghargai akan pentingnya kearsipan, sadar tertib arsip dan mengalih media arsip ini dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan di sulawesi tengah “Mari kita sama-sama membangun budaya tertib arsip demi tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan berdaya saing” Tutupnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Direktur Kantor ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia), Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan jajaran, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah, beberapa Perwakilan Perangkat Daerah dan Kepala Sekolah SMA/SMK.(id)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close