BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSSigi

Polisi Berprestasi, Brigpol Azis Raih Juara 1 Lomba Sopu atau Sumpit Tingkat Provinsi Sulteng

Bidiksulteng.com,Sigi._ Brigpol Azis Bhabinkamtibmas Desa Loru Polsek Biromaru Polres Sigi meraih Juara 1 Lomba Olahraga Tradisional Sumpit atau Sopu Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dalam gelaran Festival Warisan Budaya Sulawesi Tengah, sebagai perwakilan Kabupaten Sigi, yang diadakan Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di Taman GOR Kota Palu, pada Sabtu (12/10/2024) malam.

Brigpol Azis merupakan tamatan Dikmata Brimob Polri Tahun 2002 kemudian lulus Sekolah Alih Golongan Bintara Polri di SPN Labuan Panimba Tahun 2007, dan menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Desa Loru di tahun 2024.

Saat ditemui, Brigpol Azis menyampaikan bahwa perlombaan ini digelar selama 3 hari dari tanggal 10 sampai 12 Oktober 2024 di Taman GOR Kota Palu, diikuti oleh peserta dari 10 kabupaten dan satu kota di Provinsi Sulawesi Tengah.

Brigpol Azis terpilih sebagai perwakilan Kabupaten Sigi, setelah mengikuti seleksi yang dilakukan oleh Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Kabupaten Sigi, Camat Sigi Biromaru, dan Kades Loru yang juga menjabat sebagai Ketua Portina atau Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia Kabupaten Sigi, dan mendapat nilai tertinggi dari 17 peserta yang tergabung dalam Komunitas Sumpit (Sopu) ‘Sou Eo’ Desa Loru, dimana Brigpol Azis juga merupakan ketua komunitas.

Dalam lomba sumpit ini masing-masing daerah menampilkan ciri khas uniknya, dan Brigpol Azis menggunakan pakaian adat Kabupaten Sigi, khususnya adat Desa Loru yakni ‘Mantauba, Meaju, Mantaka dan Mo Siga’, sebagai bentuk upaya melestarikan kembali kearifan lokal budaya leluhur suku Kaili terkhusus Adat Desa Loru.

Brigpol Azis meraih Juara 1 kategori dewasa setelah mengalahkan dua finalis lainnya dari Kabupaten Morowali di posisi kedua dan dari Kabupaten Buol di posisi ketiga.

Terpisah, Wakapolres Kompol Sulardi, S.H., M.H. mewakili Kapolres Sigi memberikan apresiasi dan merasa bangga atas prestasi yang diraih Brigpol Azis Bhabinkamtibmas Desa Loru dalam lomba Sumpit pada Festival Warisan Budaya Sulteng.

“Merupakan kebanggaan bagi kami, salah seorang anggota Polres Sigi yaitu Brigpol Azis dapat meraih prestasi sebagai Juara Satu dalam lomba sumpit tersebut,” ucap Wakapolres.

“Keterampilan ini tidak dimiliki oleh semua orang, keterampilan Sumpit adalah warisan dari Nenek moyang kita yang perlu dilestarikan keberadaannya, bila perlu even-even tersebut sering diadakan untuk mencari bakat-bakat baru,”

“bila hal ini dapat dilaksanakan, tentu olahraga sumpit ini kedepannya tidak akan ditinggalkan oleh pewaris-pewarisnya,” pungkasnya.(hps/id)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close