BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSNASIONALPaluTojo Una-Una

Gubernur Sulteng Apresiasi,Aksi Perduli Sungai Dalam Rangka HUT Hari Sungai Nasional

Bidiksulteng.com,Palu – Aksi Peduli Sungai di Pemandian Malotong Ampana dalam rangka peringatan Hari Sungai Nasional 2024 diapresiasi Gubernur Rusdy Mastura.

Sebelum melanjutkan kunjungan ke Tentena, gubernur dan rombongan singgah menikmati keindahan alam di Pemandian Malotong, Kamis(1/8).

Kedatangan gubernur, ketua tim penggerak PKK dan rombongan disambut dengan pengalungan oleh muda-mudi berpakaian adat dan pelajar SD di pintu masuk pemandian Malotong.

Dalam sambutannya, gubernur mengajak peserta aksi peduli sungai untuk menjaga kelestarian sungai sebagai sumber air permukaan yang utama.

“Mari jaga air, jaga Malotong, sungainya indah dan jadi andalan (pariwisata) kita,” pesan gubernur agar terus menjaga kelestarian alam dan ekosistem.

Gubernur mengatakan selain Sulteng mempunyai bentang alam yang indah, juga memiliki banyak misteri belum terpecahkan.

Contohnya peninggalan megalitikum di lembah Bada, Napu dan Besoa yang menjadi simbol kemajuan peradaban masa lampau berusia 3000 tahun sebelum masehi.

Jejak penyebaran Islam tertua di Nusantara yang dibawa oleh Imam Syaban di Banggai Kepulauan sekitar abad ke-8 Masehi.

Sementara itu Pulau Walea di Touna kata gubernur memiliki korespondensi dengan lahirnya teori Darwin abad ke-19.

“Kira-kira ini yang perlu (dilakukan) penelitian dan Insyaallah 2025 kita anggarkan untuk itu,” terang gubernur untuk melakukan riset tentang Megalit, jejak Imam Syaban dan lainnya.

Dengan peningkatan PAD sampai 2,184 Triliun Rupiah (Juni 2024) dalam tempo tiga tahun kepemimpinan bersama Wagub Ma’mun Amir maka gubernur berharap perangkat daerah kreatif dan inovatif dalam mencetuskan program-program visioner untuk optimalisasi pembangunan negeri seribu Megalit.

“Banyak yang harus diangkat dari Sulawesi Tengah, bukan hanya (pertumbuhan) ekonominya tapi bidang lain misalnya Tojo una-una sebagai prioritas pariwisata Sulawesi Tengah,” sebutnya menegaskan.

Di kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura dan Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si melakukan penanaman pohon sebagai bagian dari aksi peduli sungai.

Selanjutnya dilakukan kegiatan bersih-bersih sungai oleh peserta kegiatan yang terdiri dari perangkat daerah, pelajar dan mahasiswa, komunitas pecinta alam dan masyarakat.

Turut hadir Bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay, S.E, M.M, Staf Ahli Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, S.Sos, M.Si, forkopimda Touna dan kepala OPD provinsi.

Diantaranya Kadis Bina Marga dan Tata Ruang Dr. Ir. Faidul Keteng, ST., M.Si., M.T, Kepala Badan Pendapatan Drs. Rifki Anata Mustaqim, M.Si, Kadis Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Abd. Haris Karim, M.M, Kadis Kehutanan Muh. Neng, S.T., M.M, Kadis Pangan Ir. Iskandar Nongtji, S.T., M.M, dan Kadis Pariwisata Ekonomi Kreatif Dra. Diah Agustiningsih, M.Pd.(id)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close