BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSPalu

Profesionalisme Aparatur Tingkatkan Tata Kelola Desa : Dinas PMD Sulteng Sukses Selenggarakan P3PD Angkatan I

Bidiksulteng.com,Palu – Tujuan-tujuan pembangunan desa yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat hanya dapat terwujud jika sistem pemerintahan desa dikelola oleh aparatur desa yang profesional.

Berangkat dengan harapan ini, maka Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri RI bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Sulteng menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Angkatan I Tahun 2024.

Kegiatan berlangsung selama 4 hari, terhitung dari tanggal 21 s.d 24 Agustus 2024, bertempat di 3 hotel berbeda yakni Sutan Raja, Swissbell dan Rama Garden.

Peserta kegiatan merupakan unsur aparatur pemerintahan desa dan pengurus kelembagaan desa dari 48 desa di 4 kabupaten yakni Sigi, Parigi Moutong, Poso dan Buol.

Sementara jumlah trainer (pelatih) dan pemateri/narasumber yang terlibat mencapai 24 orang, dengan materi yang disampaikan tentang kepemimpinan desa dan pencegahan korupsi dalam pengelolaan keuangan desa.

“Sebagaimana amanah Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang tertuang dalam Pasal 112 s/d 115, bahwa dalam pasal tersebut diamanatkan adanya Pembinaan dan Pengawasan oleh Pemerintah, salah satunya melalui P3PD untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan desa,” ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa Zendi Aldi Budiawan membacakan sambutan tertulis Kepala Dinas PMD Sulteng pada penutupan acara di hotel Sutan Raja, Sabtu (24/8).

Dengan berakhirnya pelatihan ini, ia berharap semoga peserta dapat mengaktualisasi teori-teori yang diperoleh dengan tepat, guna meningkatkan pelayanan publik di desa, mewujudkan belanja desa yang berkualitas dan menguatkan kelembagaan desa.

Pelatihan ini ungkapnya lagi, telah didahului pembukaan oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI La Ode Ahmad P. Polombo.

Pada tahun ini, kegiatan P3PD Angkatan I dilaksanakan secara serentak di 23 provinsi dengan pembukaan acara berpusat di kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

“Ditegaskan oleh Pak Dirjen bahwa desa-desa saat ini harus menjadi desa yang dirindukan dan harus mempunyai slogan atau predikat seperti Desa Wisata, Desa Literasi ataupun lainnya supaya masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh mencari pekerjaan ke Kota karena di desa sudah tersedia sumber daya,” tandasnya, mengulang penyampaian Dirjen La Ode yang diikuti peserta P3PD Sulteng secara virtual dari hotel Rama Garden kamis lalu (22/08/2024).

Di akhir sambutan, Kabid Pemerintahan Desa Zendi menyampaikan bahwa P3PD Angkatan I di Sulteng berjalan sukses dan diikuti sebanyak 179 dari 192 peserta yang diundang panitia, atau rata-rata 93% kehadiran peserta.

Turut hadir di penutupan acara, Tim Direktorat Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Desa Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Koordinator Provinsi RMC 3 P3PD Sulteng, trainer dan perangkat Dinas PMD Sulteng.(Id)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close