BERITA UTAMALINTAS SULTENGLIPUTAN KHUSUSSigi

14 Personel Polres Sigi Terlibat Pengamanan VIP Sebagai Walpri, Kapolres Sigi Berikan Penekanan Netralitas dan Profesionalisme

Bidiksulteng.com,Sigi, – Pasca-Penetapan Empat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Sigi, sebanyak 14 personel Polres Sigi diperintahkan untuk melakukan pengamanan VIP kepada Calon Bupati dan Wakil Bupati Sigi, serta Ketua KPU Sigi dan Ketua Bawaslu Sigi sebagai Pengawal Pribadi (Walpri).

Selanjutnya ke-14 personel yang terpilih dalam Walpri (Pengawalan Pribadi) tersebut menerima arahan langsung dari Kapolres Sigi AKBP Reja A. Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.H. bertempat di Aula Torayaku Polres Sigi, Senin (23/09/24), didampingi Kabag Ops AKP Ahmad Bagus Harun, S.H., dan Kasat Intelkam Iptu Hendra, S.H.

Dalam arahannya, Kapolres Sigi AKBP Reja menekankan pentingnya netralitas Polri dalam kehidupan politik. “Sesuai dengan Undang-Undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002, khususnya Pasal 28 ayat (1), Polri harus bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis,” ujar AKBP Reja.

Kapolres Sigi juga menegaskan bahwa tugas Walpri hanya sebatas pengamanan dan pengawalan. Ia mengingatkan bahwa perintah dari Kapolda Sulteng sangat jelas, yaitu personel yang bertugas sebagai Walpri tidak boleh berbicara atau terlibat dalam urusan politik.

“Sekali lagi saya tekankan, Walpri hanya sebagai pengamanan dan pengawalan, tidak ada yang namanya politisasi. Polisi harus menjaga stabilitas keamanan, menegakkan demokrasi, dan tetap netral. Saya tidak ingin ada hal yang mencederai institusi kita,” tegasnya.

Kegiatan pengawalan ini merupakan bagian dari upaya Polres Sigi untuk memastikan bahwa seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada dapat menjalankan tugas mereka dengan profesional dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan demikian, Polres Sigi berkomitmen untuk mendukung terselenggaranya Pilkada yang aman, damai, dan demokratis di Kabupaten Sigi.(id)

Tinggalkan Balasan

Related Articles

Close